Jangan Cepat Menghakimi ..!

Suatu ketika, saat i-pad baru diluncurkan, ada seorang pemuda dengan menggunakan Jas yang mentereng naik Kereta kelas Ekonomi (tanpa AC dan penumpang berdesak-desakan). Selang beberapa waktu di atas kereta, pemuda ini mulai membuka Jas Menterengnya sebab ia merasa panas (Maklum tidak ada AC), kemudian ia mulai mengeluarkan I-pad nya dan menonton Film. Alhasil banyak penumpang yang berdesak-desakan dibelakangnya hendak melihat barang canggih ini (I-pad).

Beberapa penumpang lain yang melihat hal ini merasa Kesal dan mulai berkomentar dalam hati : "kalau mau pamer jangan di atas kereta ekonomi dong."

Orang Tua : "Orang muda sekarang, kaya sedikit langsung pamer. Naik kelas Ekonomi, pamer2an."

Seorang Ibu :  "Mudah2an suami saya ga senorak dia. Norak di kelas Ekonomi bukan hal terpuji."

Gadis ABG : "Keren sih keren, tapi ga banget deh sama gayanya. Kenapa ga naik AC kalau mau pamer begituan? "

Pedagang : "Sepertinya dia baru kenal 'kaya'. Atau dapat warisan. andai dia merasakan jerih pahit kehidupan; tentu tidak akan pamer barang itu di kelas Ekonomi. Kenapa ga naik AC sih?"

Pendeta :  "Andai dia taat beragama, tentu tidak sesombong itu."

Anak Sekolah :  "Gue tau lo kaya. Tapi plis deh, lo ga perlu pamer gitu kalle' ke gua. Gua tuh ga butuh style elo. Kalo lo emang pengen diakuin, lo bisa out dari sini, terus naik kereta AC.. ill feel gue."

Pengamen :  "Orang ini terlalu sombong, ingin pamer di depan rakyat."

Sebenarnya Pemuda Kaya ini membeli sebuah karcis kereta untuk Kelas Eksekutif, akan tetapi ketika dia hendak naik ke atas kereta, ia melihat seorang nenek tua yang terjatuh karena berdesak-desakan hendak naik ke kelas ekonomi. Akhirnya Pemuda kaya ini tergerak hatinya dan menukarkan karcis Kelas Eksekutif yang dia beli dengan karcis ekonomi milik si Nenek tua. 

Mungkin inilah yang sering terjadi dalam hidup kita, hanya dengan sekali pandang kita langsung menilai sesama kita, bahkan tidak sering kita menjadi hakim. 

Tuhan Yesus pernah berpesan Janganlah kamu menjadi hakim bagi sesamamu.

Avatar

Tentang Penulis: Anonym

Kategori Artikel

  • ReHaT

    Bahan renungan yang dapat dijadikan bahan Saat Teduh, disadur dari tulisan para pendeta Gereja Toraja

  • Khotbah

    Khotbah Pendeta-pendeta dalam Gereja Toraja

  • Laporan Kegiatan

    Laporan dan Rangkuman pelaksanaan kegiatan dan program kerja dari Badan Pekerja Sinode Gereja Toraja

  • Humor Rohani

    Humor Rohani yang dapat membuat anda tertawa dan disadur dari berbagai sumber

  • Ilustrasi

    Kisah dan cerita inspiratif yang dapat dijadikan ilustrasi dalam khotbah, disadur dari berbagai sumber

  • Teologi

    Tulisan, Uraian, dan teks-teks, diseputar masalah-masalah Teologia

  • Literatur Digital

    Buku-buku teologi dalam bentuk digital, yang dapat menambah wawasan berteologi.

  • Informasi Umum

    Memuat Informasi-informasi Umum dari BPS Gereja Toraja

  • Membangun Jemaat

    Bahan-bahan Khotbah Ibadah Hari Minggu, Hari Raya Gerejawi dan Ibadah Rumah Tangga Gereja Toraja