Kamis 8 Februari 2018 2 Korintus 2:12-17 DI “PHP-IN” TAPI TAK MENYERAH

Kamis 8 Februari 2018 2 Korintus 2:12-17
DI “PHP-IN” TAPI TAK MENYERAH

 

“Pada jaman sekarang seringkali kita mendengar istilah PHP (Pemberi Harapan Palsu). Istilah ini kemudian berkembang di kalangan anak muda. Ketika ada harapan yang tidak terkabulkan, maka si pemberi harapan itulah yang di kategorikan “PHP”. Akibatnya, muncul pula istilah oleh si korban, mengatakan “Aku di PHP-in”. Demikian dengan kita sebagai pribadi yang juga menjalin relasi dengan orang lain, entar itu pacar, orang tua, saudara, teman, dll. Seringkali kita berharap untuk bisa berjumpa, apalagi jika perjumpaan itu adalah perjumpaan yang sangat penting, maka harapan kita tentu sangat besar. Namun bagaimana rasanya jika pada kenyataannya, akhirnya kita tidak bisa berjumpa?

Hal serupa di alami oleh Paulus, sesungguhnya ia sangat berharap bisa berjumpa dengan kawan sekerjanya, Titus, namun ia tak bisa berjumpa. Akibat dari gagalnya perjumpaan itu, Paulus katakan “Hatiku tidak merasa tenang, karena aku tidak menjumpai saudaraku, Titus.” Jika kita mengalami hal ini, mungkin saja kita sudah mengatakan “Aku di PHP-in”. Apakah Paulus mengatakan hal tersebut dan kemudian ia putus asa? Tidak, meskipun Paulus merasa tidak tenang, namun ia tidak menyerah dan putus asa. Di balik situasi itu, ia punya inisiatif dan niat yang sangat baik. Ia akhirnya meninggalkan Troas dan berangkat ke Makedonia, dengan harapan bisa bertemu Titus di sana.

Saudara, harapan yang belum tercapai seringkali membuat sebagian orang kemudian berhenti berjuang. Mari kita belajar dari firman Tuhan melalui keteladanan Paulus, bahwa di tengah situasi yang tidak sesuai harapan, ia punya inisiatif mencari peluang lain untuk terus melangkah maju. Dalam pergaulan sehari-hari, mungkin kita sering di kecewakan. Mari belajar dari Paulus, di PHP-in tapi tidak menyerah, ia terus melangkah maju. Amin

Kategori Artikel

  • ReHaT

    Bahan renungan yang dapat dijadikan bahan Saat Teduh, disadur dari tulisan para pendeta Gereja Toraja

  • Khotbah

    Khotbah Pendeta-pendeta dalam Gereja Toraja

  • Laporan Kegiatan

    Laporan dan Rangkuman pelaksanaan kegiatan dan program kerja dari Badan Pekerja Sinode Gereja Toraja

  • Humor Rohani

    Humor Rohani yang dapat membuat anda tertawa dan disadur dari berbagai sumber

  • Ilustrasi

    Kisah dan cerita inspiratif yang dapat dijadikan ilustrasi dalam khotbah, disadur dari berbagai sumber

  • Teologi

    Tulisan, Uraian, dan teks-teks, diseputar masalah-masalah Teologia

  • Literatur Digital

    Buku-buku teologi dalam bentuk digital, yang dapat menambah wawasan berteologi.

  • Informasi Umum

    Memuat Informasi-informasi Umum dari BPS Gereja Toraja

  • Membangun Jemaat

    Bahan-bahan Khotbah Ibadah Hari Minggu, Hari Raya Gerejawi dan Ibadah Rumah Tangga Gereja Toraja