Minggu 11 Februari 2018 Mazmur 110:1-4 TONGKAT KEKUATAN

Minggu 11 Februari 2018 Mazmur 110:1-4
TONGKAT KEKUATAN


Ketika kita di percaya  untuk melakukan tugas yang belum pernah kita kerjakan, umumnya kita merasakan kekhwatiran yang membuat kita ragu bahkan takut untuk mengangkat tugas tersebut. Tetapi jika ada seseorang yang terus membantu dan mendampingi kita melakukan tugas tersebut maka kita akan merasa yakin melakukan tugas tersebut.

Mazmur 110:1-4 merupakan sebuah bentuk penyemangatan untuk duduk sebagai raja. Untuk hal tersebut Tuhan berfirman  kepada Daud untuk duduk di sebelah kanan-Nya. Tangan kanan merupakan simbol kekuatan dan keperkasaan, bahwa Tuhan memberikan kepercayaan kepada Daud untuk memimpin umat-Nya mengatasi segala musuh-musuhnya. Daud tidak perlu takut karena Allah akan menjadi tumpuan kakinya (ayat 1), bahkan lebih dari itu Tuhan akan menjadi tongkat kekuatannya ketika menjalankan tugas yang di percayakan kepadanya (ayat 2). Semua fasilitas perang yang di miliki Daud teramasuk  pasukan perang akan di beri kekuatan oleh Allah karena sesungguhnya  Tuhan sendirilah yang akan bertindak mengatasi musuh-musuh Daud. Allah sendiri yang akan bertindak mengatasi "musuh-musuh" Daud dengan kekuatan tentara yang dimilikinya. Mereka harus maju (ay. 3), tetapi bukan dengan persenjataan atau pakaian baja yang lengkap, melainkan dengan kekudusan. Dalam hal ini Daud mengungkapkan bahwa "peperangan rohani" lebih dari peperangan jasmani. Dan untuk menjadi pemenang seseorang harus memiliki kekudusan di hadapan Tuhan.

Yesus telah melakukan peperangan terhebat sepanjang sejarah manusia. Ia tidak melawan dengan pedang dan persenjataan yang lengkap tetapi ia melawan dengan kasih. Bagaimana dengan kita? Apakah kita masih melawan dan membalas dengan kebencian? Renungkanlah.

Kategori Artikel

  • ReHaT

    Bahan renungan yang dapat dijadikan bahan Saat Teduh, disadur dari tulisan para pendeta Gereja Toraja

  • Khotbah

    Khotbah Pendeta-pendeta dalam Gereja Toraja

  • Laporan Kegiatan

    Laporan dan Rangkuman pelaksanaan kegiatan dan program kerja dari Badan Pekerja Sinode Gereja Toraja

  • Humor Rohani

    Humor Rohani yang dapat membuat anda tertawa dan disadur dari berbagai sumber

  • Ilustrasi

    Kisah dan cerita inspiratif yang dapat dijadikan ilustrasi dalam khotbah, disadur dari berbagai sumber

  • Teologi

    Tulisan, Uraian, dan teks-teks, diseputar masalah-masalah Teologia

  • Literatur Digital

    Buku-buku teologi dalam bentuk digital, yang dapat menambah wawasan berteologi.

  • Informasi Umum

    Memuat Informasi-informasi Umum dari BPS Gereja Toraja

  • Membangun Jemaat

    Bahan-bahan Khotbah Ibadah Hari Minggu, Hari Raya Gerejawi dan Ibadah Rumah Tangga Gereja Toraja