Sabtu 10 Februari 2018 1 Raja-Raja 16:1-7 JANGAN MENJADI AMNESIA

Sabtu 10 Februari 2018 1 Raja-Raja 16:1-7
JANGAN MENJADI AMNESIA

Jangan seperti kacang yang lupa kulitnya! Pesan dari pribahasa ini adalah agar kita jangan “amnesia” atau pelupa terhadap orang yang telah mengangkat, atau pun membuat kita sukses. Kesuksesan menjadi tujuan banyak orang, tapi tidak jarang orang menjadi lupa ketika sudah sukses. Ada yang lupa atas perjuangan dan dukungan orang lain, malahan ada orang yang sudah menikmati kesuksesannya sendiri, seolah-olah kesuksesan itu di raih atas perjuangannya sendiri. Sikap seperti ini kadang membuat relasi dengan orang lain menjadi rusak.

Perikop kita hari ini, juga menggambarkan hal tersebut. Firman Tuhan kepada Yehu melawan Baesa, raja Israel: "Oleh karena engkau telah Kutinggikan dari debu dan Kuangkat menjadi raja atas umat-Ku Israel, tetapi engkau telah hidup seperti Yerobeam dan telah menyuruh umat-Ku Israel berdosa, sehingga mereka menimbulkan sakit hati-Ku dengan dosa mereka” (ay.2). Akibat dari sikap “kacang lupa kulitnya” itu maka Tuhan murka dengan mengatakan “sesungguhnya Aku akan menyapu bersih Baesa dan keluarganya, kemudian Aku akan membuat keluargamu seperti keluarga Yerobeam bin Nebat" (ay.3).

Siapapun kita dan apapun yang telah kita raih saat ini, itu tidak terlepas dari keterlibatan orang lain. Itu sebabnya perlu kita sadari bahwa tak ada kesuksesan tanpa keterlibatan dan pengaruh orang lain. Demikian dengan kita sebagai umat Tuhan, kita tak akan pernah bisa meraih kesuksesan tanpa pertolongan Tuhan. Jika kita menyadari bahwa setiap sukses yang kita raih, semuanya karena Tuhan maka kita mestinya harus menjadi pribadi yang selalu mengingat dan mensyukuri pekerjaan Tuhan. Oleh karena itu, sukses boleh, tapi jangan Amnesia! Ingatlah selalu akan setiap jejak langkah juangmu, sebab di situ ada Tuhan. Amin

Kategori Artikel

  • ReHaT

    Bahan renungan yang dapat dijadikan bahan Saat Teduh, disadur dari tulisan para pendeta Gereja Toraja

  • Khotbah

    Khotbah Pendeta-pendeta dalam Gereja Toraja

  • Laporan Kegiatan

    Laporan dan Rangkuman pelaksanaan kegiatan dan program kerja dari Badan Pekerja Sinode Gereja Toraja

  • Humor Rohani

    Humor Rohani yang dapat membuat anda tertawa dan disadur dari berbagai sumber

  • Ilustrasi

    Kisah dan cerita inspiratif yang dapat dijadikan ilustrasi dalam khotbah, disadur dari berbagai sumber

  • Teologi

    Tulisan, Uraian, dan teks-teks, diseputar masalah-masalah Teologia

  • Literatur Digital

    Buku-buku teologi dalam bentuk digital, yang dapat menambah wawasan berteologi.

  • Informasi Umum

    Memuat Informasi-informasi Umum dari BPS Gereja Toraja

  • Membangun Jemaat

    Bahan-bahan Khotbah Ibadah Hari Minggu, Hari Raya Gerejawi dan Ibadah Rumah Tangga Gereja Toraja