Agenda Kegiatan PERAYAAN HUT 50 (ULANG TAHUN EMAS) PWGT

PERAYAAN HUT 50 (ULANG TAHUN EMAS) PWGT

Kita bersyukur kepada Tuhan yang telah membimbing perjalanan Persekutuan Wanita Gereja Toraja (PWGT) sejak Tahun 1966 hingga 2016. Dengan gembira kita mencatat bahwa sebelum tahun 1966 perempuan Gereja Toraja telah membentuk persekutuan Kaum Ibu dibeberapa jemaat. Dalam kurun waktu 50 Tahun ini, PWGT telah bertumbuh dengan pesat dan memberikan kontribusi yang tidak sedikit dalam pertumbuhan jemaat. Secara khusus, PWGT telah memberikan sumbangsihnya dalam pengembangan kepemimpinan perempuan dalam Gereja Toraja, sebagaimana yang tercermin dalam partisipasi aktif perempuan dalam pelayanan di jemaat-jemaat. Hal ini mendorong proses penerimaan perempuan dalam jabatan gerejawi yang secara sah diputuskan oleh Sidang Sinode GerejaToraja XIV di Palopo padaTahun 1985.

Di samping program pembinaan spiritual warga PWGT di Jemaat-jemaat, PWGT pun cukup aktif dalam program-program pembinaan keluarga. Juga PWGT telah berpartisipasi aktif dalam kehidupan masyarakat, misalnya dengan membuka kursus Keterampilan Wanita (BINTRANITA) di beberapa tempat yang awalnya dimaksudkan untuk melatih keterampilan anak perempuan yang putus sekolah supaya mampu mandiri : memfasilitasi Pelatih keterampilan anak perempuan yang putus sekolah supaya mampu mandiri : memfasilitasi Pelatihan Motivator Pembangunan dan pengembangan pertanian ramah lingkungan, menjalankan program Rehabilitasi berbasis Masyarakat (RBM) bagi anak-anak cacat; dukungan secara bergilir dilakukan oleh PWGT Klasis/Jemaat kepada Leproseri di Batulelleng dan Panti asuhan Tagari. Selain itu, ada berbagai kegiatan serupa yang dilakukan oleh PWGT pada lingkungan jemaat dan klasis sesuai dengan kebutuhan setempat. Semua ini dipahami sebagai bagian dari pekabaran Injil Kerajaan Allah yang utuh untuk semua.

Ketika merayakan ulang tahun emas ini, PWGT hendak bersyukur kepada Tuhan atas tuntunannya pada waktu yang lalu sambil merenungkan tantangan yang dihadapi gereja kini dan di masa yang akan datang. Dan hal-hal yang perlu dibenahi dan ditingkatkan dalam pelayanan PWGT di masa depan.  Hal ini penting agar PWGT semakin mampu untuk meningkatkan kualitas warganya mewujudkan injil yang menekankan nilai-nilai kejujuran, kebenaran, keadilan dan kesejahteraan bagi semua. Kita prihatin dengan berbagai masalah yang  sedang melanda negeri ini, banyak ciptaan mengerang kesakitan, karena ulah manusia yang mengeksploitasi sumber daya alam tanpa batas dan penyakit social lainnya. Dusta dan penipuan  yang melekat pada semua bentuk dosa ini semakin dianggap biasa-biasa saja. Hal ini akan menghancurkan bangsa kita kearah kehancuran jika kita semua tidak segera mengadakan perubahan mendasar dalam diri kita, keluarga, gereja dan masyarakat

Kita perlu bekerja sama dengan semua anak bangsa apapun latar belakang social, suku, budaya dan agama, untuk mengupayakan keadilan social dan kesejahteraan bagi seluruh rakyat Indonesia.

Dalam kaitan itu Panitia HUT memilih tema: Berakar dalam Kritus Berbuah lebat di dalam dunia. Untuk dapat membuahkan kebenaran, kasih dan kesejahteraan bagi semua, kita perlu semakin berakar dan bertumbuh di dalam Kristus, serta berbuah lebat di dalam dunia.

 

Hari I : Tanggal 11 Desember 2016

  1. Peserta Klasis mengikuti Work Shop Paduan Suara di Jemaat Rantepao. Diikuti oleh Pelatih Paduan suara di Klasis, 3 orang per Klasis.
  2. Bintek Pembentukan Posyandu Lansia  Jam 16.00 wita diikuti oleh setiap klasis 3 orang.
  3. Bertempat Ruang Rapat BPS-Gereja Toraja Penanggung Jawab Ibu Naomi Manguling.

 

Hari ke II : Tanggal 12 Desember 2016.

  1. Defile berangkat dari Jemaat Rantepao menuju Lapangan Bhakti jam 8.30 wita
  2. Ibadah syukur jam  10.00wita.
  3. Dilanjutkan secara parallel kegiatan : Jam 16.00.
  4. Seminar Revolusi Mental dan Budaya Damai bertempat di Jemaat Rantepao, diikuti 3 orang per klasis. Penanggung Jawab Ibu Rio Rita Pakan S.Kom
  5. Lomba Pidato Bahasa Toraja bertempat di kantor BPS Gereja Toraja
  6. Pesparawi, dilaksanakan di Gedung Pemuda Van de Losdrech
  7. Lomba Kuis Keluarga  

 

Hari ke III : Tanggal 13 Desember 2016

  1. Lomba Pidato Bahasa Toraja
  2. Lomba Pesparawi
  3. Lomba Kuis Keluarga

 

Hari ke IV :

  1. Lanjutan Lomba dan Ibadah Penutupan.

 

TERIMA KASIH KEPADA PEMIMPIN-PEMIMPIN PWGT, DAN SEGENAP ANGGOTA PWGT  DISEMUA LINI YANG TELAH MENGGETARKAN WILAYAH MASING-MASING MEMALUI MOMENT 50 TAHUN PWGT YANG PADA AKHIRNYA MENJADI GETARAN BERSAMA DARI SEBUAH ORGANISASI YANG BESAR INI UNTUK MEMULIAKAN TUHAN

APA YANG KITA KERJA ADALAH NAMA KITA SELAMAT BERSIAP

MENUJU ARAK-ARAKAN MOMENT BERSEJARAH PWGT

BERSAMA –SAMA KITA MENANGGUNG BEBAN