Selamat datang di Website BPS - GEREJA TORAJA

Gereja Toraja lahir dan tumbuh dari hasil kegiatan dari GZB (Gereformeerde Zendingsbond) dari Belanda. Toraja adalah sebuah teritori di bagian utara propinsi Sulawesi Selatan yang saat ini secara administratif terdiri dari dua kabupaten yaitu Tana Toraja dan Toraja Utara. Pdt. A.A. van de Loosdrecht adalah zendeling pertama dari GZB yang melayani di Toraja. Dia tiba di Rantepao (salah satu kota kecamatan waktu itu, sekarang ibu kota kabupaten Toraja Utara) pada 7 November 1913 dan hanya melayani dalam waktu singkat karena terbunuh pada tanggal 26 Juli 1917.

Setelah karya para zendeling, Injil terus berkembang dengan berdirinya sejumlah jemaat, hingga pada sidang Sinode yang pertama, 25 Maret 1947, Gereja ini menyatakan berdiri sendiri dan menamakan diri Gereja Toraja. Dalam aras ekumene, Gereja Toraja telah menjadi anggota PGI sejak awal terbentuknya di Malino, 1947. Selanjutnya tahun 1964 menjadi anggota CCA dan tahun 1967 sebagai anggota WCC.

Badan Pekerja Sinode Gereja Toraja berkedudukan di Tongkonan Sangullele di Rantepao, Kabupaten Toraja Utara Propinsi Sulawesi Selatan.

Saat ini Gereja Toraja beranggotakan 1.084 Jemaat yang terbagi dalam 90 Klasis dan tersebar dalam 17 propinsi di seluruh Indonesia. Dalam sepanjang sejarahnya, hingga kini 997 warga Gereja Toraja telah menerima pengurapan sebagai pendeta, dan hingga kini 787 di antaranya sedang melayani di Jemaat, dan 38 lainnya sebagai Pendeta Tugas Khusus.

Untuk periode 2016-2021, Gereja Toraja mencanangkan 7 pokok tugas panggilan yaitu :
• Penggalian, pengakaran dan penyebarluasan pokok-pokok iman kristen yang kontekstual
• Pengembangan kapasitas para pelayan dan kapasitas penatalayanan kelembagaan
• Peningkatan peran dan fungsi gereja dalam transformasi sosial budaya
• Peningkatan partisipasi gereja dalam pengelolaan sumber-sumber ekonomi masyarakat
• Peningkatan akuntabilitas gerejawi dalam bidang politik dan hukum
• Peningkatan kepedulian dan tindakan gereja dalam pemeliharaan keutuhan ciptaan
• Optimalisasi pemanfaatan TIK dalam pelayanan gerejawi dan pendampingan warga gereja pengguna TIK.

TUHAN YESUS MEMBERKATI.

Agenda Kegiatan