Rabu, 16 Januari 2019 Bilangan 27:1-11 HAK YANG SAMA Pada Ma’mana’

Rabu, 16 Januari 2019 Bilangan 27:1-11
HAK YANG SAMA
Pada Ma’mana’

Allah sesungguhnya telah menciptakan manusia laki-laki dan perempuan menurut gambar-Nya, serta memberikan tanggung jawab yang sama untuk mengelola bumi (Kej. 1:27-28). Itu berarti bahwa Allah telah memberi kemampuan yang sama untuk laki-laki dan perempuan. Tetapi dalam perjalanan kehidupan, tercipta batasan khususnya dalam pembagian tugas, seolah laki-laki lebih kuat daripada perempuan. Budaya patriarkhal  berakar kuat dalam kehidupan orang Israel. Hal inilah yang membentuk cara berpikir dan mempengaruhi sikap, serta tindakan orang Israel. Mereka menganggap laki-laki punya kedudukan yang lebih tinggi daripada perempuan, bahkan dalam hal pembagian warisan.

Keadaan inilah yang dialami oleh putri-putri Zelafehad, yaitu Mahla, Noa, Hogla, Milka dan Tirza. Namun demikian, mereka berani menembus paham patriarkhal yang  mengakar kuat di kalangan orang Israel. Mereka memperjuangkan hak mereka dengan meminta kepada Musa tanah milik di antara saudara-saudara ayahnya (ay. 4). Sebagai seorang pemimpin, Musa tidak mengambil keputusan sendiri, tetapi Musa segera menyampaikan hal itu kepada Tuhan (ay. 5). Tuhan memberi keputusan-Nya dengan membenarkan perkataan anak-anak Zelafehad (ay. 7).

Melalui kegigihan dan keberhasilan perjuangan anak-anak Zelafehad ini, kita diyakinkan bahwa Allah selalu menunjukkan keadilan-Nya kepada umat-Nya, baik laki-laki maupun perempuan. Allah tidak membeda-bedakan manusia, tetapi senantiasa berbelas kasihan kepada mereka. Allah memperlakukan manusia sama, sebab di hadapan Tuhan semua orang punya hak yang sama. Karena itu kita pun harus turut serta memperjuangkan persamaan hak bagi setiap orang. Amin

Kategori Artikel

  • ReHaT

    Bahan renungan yang dapat dijadikan bahan Saat Teduh, disadur dari tulisan para pendeta Gereja Toraja

  • Khotbah

    Khotbah Pendeta-pendeta dalam Gereja Toraja

  • Laporan Kegiatan

    Laporan dan Rangkuman pelaksanaan kegiatan dan program kerja dari Badan Pekerja Sinode Gereja Toraja

  • Humor Rohani

    Humor Rohani yang dapat membuat anda tertawa dan disadur dari berbagai sumber

  • Ilustrasi

    Kisah dan cerita inspiratif yang dapat dijadikan ilustrasi dalam khotbah, disadur dari berbagai sumber

  • Teologi

    Tulisan, Uraian, dan teks-teks, diseputar masalah-masalah Teologia

  • Literatur Digital

    Buku-buku teologi dalam bentuk digital, yang dapat menambah wawasan berteologi.

  • Informasi Umum

    Memuat Informasi-informasi Umum dari BPS Gereja Toraja

  • Membangun Jemaat

    Bahan-bahan Khotbah Ibadah Hari Minggu, Hari Raya Gerejawi dan Ibadah Rumah Tangga Gereja Toraja